Tes Moderasi Beragama Salah Satu Yang Diujikan di PPPK Kemenag 2023

Kementerian Agama Republik Indonesia berdasarkan Keputusan Menteri PANRB Nomor 974 Tahun 2022 Perubahan atas Keputusan Menteri PANRB Nomor 687 Tahun 2022 Tentang Penetapan Kebutuhan Pegawai Aparatur Sipil Negara di Lingkungan Kementerian Agama Tahun Anggaran 2022, memberikan kesempatan kepada Warga Negara Indonesia yang memenuhi syarat untuk mengikuti seleksi Calon Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja Kementerian Agama Republik Indonesia Tahun Anggaran 2023. Pelamar yang dapat melamar PPPK Kemenag adalah dengan kriteria :

  1. Pelamar Eks Tenaga Honorer Kategori II (Eks - THK II)
  2. Pelamar Non ASN Kementerian Agama
  3. Pelamar Lainnya yaitu selain kriteria 1 dan 2

Seleksi kompetensi calon pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja Kementerian Agama tahun 2023 (PPPK Kemenag 2022) terdiri dari Computer Assisted Test (CAT) BKN dan Tes Moderasi Beragama berbasi CAT Kemenag. Seleksi CAT BKN memiliki bobot nilai 60% sedangkan Tes Moderasi Beragama Kemenag memiliki bobot 40%.

Tes Moderasi Beragama Kemenag

Dalam konteks keIndonesiaan, moderasi beragama dapat dijadikan sebagai strategi kebudayaan untuk merawat Indonesia yang damai, toleran dan menghargai keberagaman. Moderasi Beragama adalah cara hidup untuk rukun, saling menghormati, menjaga dan bertoleransi tanpa harus menimbulkan konflik karena perbedaan yang ada. Maksud dan tujuan dilaksanakannya tes moderasi beragama ini adalah untuk meningkatkan kapasitas dan kompetensi moderasi beragama bagi ASN Kementerian Agama.

Untuk mengikuti PPPK Kemenag 2023 banyak hal yang harus dipersiapkan, salah satunya banyak berlatih mengerjakan latihan soal. Aplikasi Siap PPPK Kemenag 2023 salah satu platform yang bisa digunakan untuk berlatih mengerjakan latihan soal PPPK. Aplikasi Siap PPPK Kemenag 2023 ini gratis, soal-soalnya pun dapat dikerjakan dengan gratis. Salah satu latihan soal yang tersedia adalah Moderasi Beragama seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwa dalam PPPK Kemenag 2023 saat ini ada tes moderasi beragama berbasis CAT Kemenag. 

Aplikasi Siap PPPK Kemenag

Selain soal Moderasi beragama juga terdapat pilihan paket soal latihan lainnya sesuai CAT BKN yaitu Kompetensi Teknis, Kompetensi Manajerial, Kompetensi Sosio-Kultural, dan Wawancara. Aplikasi PPPK Kemenag 2023 ini dirancang sesimpel mungkin dan ringan sehingga tidak membebani storage hp, mudah digunakan dan tentunya GRATIS. Pilihan latihan juga dapat disesuaikan dengan waktu belajar yang dimiliki.


Aplikasi Siap PPPK Kemenag 2023 ini dapat didownload secara gratis di Google Playstore atau link ini, tidak ada fitur berbayar di dalamnya. Semua latihan CAT dapat diakses dengan gratis, pengguna bebas mengulang dalam mengerjakan soal-soal latihan. Selamat berlatih menggunakan Aplikasi Siap PPPK Kemenag, semoga lolos di CASN-PPPK Kementerian Agama (Kemenag) tahun ini.


Comments

Popular Posts