Mengenal Desain UI dan UX

UI atau User Interface adalah desain antarmuka yang fokus pada keindahan dari sebuah tampilan aplikasi. Sedangkan UX atau User Experience adalah proses meningkatkan kepuasan pengguna melalui kegunaan dan kesenangan yang diberikan dalam berinteraksi dengan aplikasi.


Perbedaan UI dan UX

Meski kedua hal ini saling berkaitan terdapat beberapa perbedaan mendasar antara UI dan UX dalam beberapa aspek antara lain: 

1. Tujuan desain 

User Interface (UI) bertujuan dalam mempercantik visual tampilan produk. Sementara User Experience (UX) dirancang memberikan pengalaman yang menyenangkan pada user dalam penggunaan produk. Artinya, UI akan fokus pada tampilan yang mempengaruhi kesan pertama pengguna sedangkan UX lebih kepada pengalaman pengguna saat menjalankan sebuah aplikasi atau website.

2. Komponen desain

UI berfokus pada komponen meliputi warna, gambar, pemilihan huruf, dan visual interaksi lainnya. Sedangkan pada UX design mencakup seluruh komponen seperti fitur, struktur desain, hingga navigasi. 

3. Proses desain 

Dalam pembuatan desain, UX membutuhkan riset pengguna agar dapat menghasilkan produk yang disukai dan dibutuhkan user. Sedangkan UI, proses desain juga membutuhkan riset namun riset yang dilakukan membuat desain yang menarik sesuai konsep. Umumnya seorang UI Designer akan membuat mockup terlebih dahulu.

Tool/Software untuk mendesain UI dan UX

Beberapa tools yang biasa digunakan oleh UI/UX designer dalam mengembangkan aplikasi di antaranya adalah Figma, Axure, Sketch, Adobe XD, InVision, Adobe Photoshop, dan lain-lain. Dalam pemakaiannya, biasanya ada tiga tools yang paling sering digunakan untuk membuat UI/UX, yaitu Figma, Sketch, dan Adobe XD.

Comments

Popular Posts