Perangkat Lunak - Pengertian dan Pembagiannya

Perangkat lunak atau software disebut sebagai sekumpulan data berupa kode-kode bahasa pemrograman yang telah diformat dan disimpan secara digital. Biasanya software disimpan dalam bentuk instruksi atau program yang nantinya dijalankan berdasarkan input perangkat komputer, termasuk smartphone.


Perangkat lunak dibuat oleh seorang programmer dengan bahasa pemrograman tertentu yang selanjutnya dikompilasi hingga menjadi sebuah kode yang dapat dikenali oleh hardware. Perangkat lunak dibuat untuk memudahkan pekerjaan manusia, misalnya untuk menghitung, membuat dokumen, mengolah gambar dan lain-lain.

Pembagian perangkat lunak berdasarkan jenisnya

Jika dilihat secara umum, perangkat lunak terbagi menjadi tiga jenis. Di bawah ini beberapa jenis tersebut:

1. Sistem Operasi (Operating Sistem)

Perangkat lunak jenis ini digunakan untuk mengatur setiap perangkat keras yang sudah terhubung dengan CPU komputer. Selain itu, ia juga berfungsi dalam menerjemahkan aktivitas serta mengatur seluruh proses yang terjadi dan diperintahkan oleh user pada CPU sehingga perintah user tersebut dapat dikerjakan komputer dengan baik.
Contoh sistem operasi diantaranya:
  • Windows
  • Linux
  • MacOS
  • Android
  • iOS

2. Driver

Driver adalah perangkat lunak yang memiliki tugas mengontrol hardware yang terpasang di komputer agar bisa terkoneksi dengan OS, aplikasi lain atau perangkat yang lain. Jadi driver itu memiliki fungsi yang sedikit berbeda dengan software umumnya. Ia adalah komponen penunjang yang bersifat khusus.

3. Program Aplikasi (Application Software)

Program aplikasi disini merupakan sebuah perangkat lunak yang umumnya sudah banyak digunakan dalam menyelesaikan tugas-tugas tertentu. Dalam hal ini software dapat berfungsi sesuai dengan tujuan pembuatannya.
Aplikasi sendiri terbagi menjadi 3 jenis, yakni, Aplikasi desktop yang dijalankan pada komputer atau PC, Aplikasi web yang dijalankan menggunakan browser dengan koneksi internet dan Aplikasi mobile yang dapat dijalankan di perangkat mobile.

4. Program Perusak (Malware)

Malware adalah program komputer yang diciptakan dengan maksud dan tujuan utama mencari kelemahan software. Umumnya Malware diciptakan untuk membobol atau merusak suatu software atau sistem operasi.

Pembagian software berdasarkan cara distribusinya

Jenis perangkat lunak juga dapat dibedakan lagi dari ragam cara distribusinya. Berikut jenis software berdasarkan distribusinya adalah:

1. Firmware

Firmware merupakan sebuah perangkat yang kecil dan berada dalam perangkat lunak, ia berguna untuk membantu perangkat keras bergerak sesuai fungsinya. Seringkali ia disebut sebagai perangkat tegar, bahkan bisa dikatakan bahwa firmware hampir mirip dengan sistem operasi pada komputer.

2. Freeware

Freeware adalah jenis aplikasi yang disediakan secara gratis oleh developernya. Artinya, untuk menggunakan perangkat lunak tersebut user tidak perlu melakukan pembelian secara khusus. Namun, pada umumnya freeware memiliki fitur terbatas.

3. Open source

Open source adalah jenis perangkat lunak gratis. Tidak hanya gratis namun, software open source juga memiliki keterbukaan akses atas sumber kode pemrogramannya. Software open source dikembangkan oleh banyak developer. Setiap developer mampu mengolah, merubah, hingga menyebarluaskan perangkat lunak tersebut. Salah satu tujuan dikembangkanya software open source adalah menyediakan software terbaik yang segala fiturnya sesuai dengan kebutuhan banyak user. Tidak hanya itu aksesnya yang gratis, juga dapat digunakan oleh user tanpa ketentuan tertentu yang menyulitkan penggunaan. Software open source memiliki kemungkinan besar untuk terus berkembang sesuai dengan keinginan para pemakainya. 

Contoh software aplikasi open source adalah:
Blender: perangkat lunak aplikasi pengolah 3D
Open Office: perangkat lunak aplikasi pengolahan kata dan data
Linux: perangkat lunak sistem operasi

4. Adware

Adware adalah perangkat lunak non-berbayar yang bisa digunakan gratis. Namun, menyediakan kompensasi berupa adanya iklan yang sering muncul ketika digunakan. Adware banyak dijumpai pada software aplikasi yang digunakan dalam sistem operasi android. Contoh aplikasi adware adalah camscanner.

Comments

Popular Posts