Dasar-dasar Desain Grafis

Desain grafis adalah cabang ilmu dari seni desain untuk menciptakan elemen rupa di suatu media. Media desain grafis pada awalnya diterapkan untuk media-media statis, seperti buku, majalah, dan brosur. Namun, sejalan dengan perkembangan zaman, desain grafis juga diterapkan dalam media elektronik atau digital. Desain grafis sendiri mencakup seni visual, tipografi, tata letak, dan desain interaksi.


A. Tujuan Desain Grafis

Seorang desainer membuat desain mempunyai beberapa tujuan, yaitu readability, struktur, simplecity, dan memorable.

1. Readability (keterbacaan)

Desain memastikan sebuah informasi dapat tersampaikan dengan baik. Karena pada dasarnya sebuah desain adalah berkomunikasi atau menyampaikan informasi kepada audience.

2. Struktur

sebuah desain dapat mengatur arus informasi sehingga komunikasi dapat tersampaikan secara efektif.

3. Simplecity (sederhana)

Desain bisa tampil secara simple dan efisien sehingga audience bisa fokus untuk menyerap
informasi yang disampaikan.

4. Memorable

Desain dapat membantu me-recall informasi yang telah diserap oleh audience/konsumen

B. Elemen Desain

1. Warna

Warna membawa suasana tertentu, menarik perhatian, menegaskan sesuatu dan mengatur elemen-elemen layout.

2. Shape/bentuk

Dengan bentuk pembaca dibantu untuk mengenali sebuah objek, menarik perhatiannya, mengkomunikasikan ide perancang dan menambah daya tarik desain.

3. Typography

Teks, ataupun tipografi dalam sebuah desain grafis adalah hal yang menjadi elemen pendukung yang cukup penting. Teks disusun sedemikian rupa agar mempermudah saat dibaca.

4. Space

Ruang kosong memisahkan atau menyatukan elemen-elemen, menegaskan sebuah elemen, atau sebagai tempat istirahat bagi mata.

C. Prinsip Desain

1. Kontras

Kontras disebut sebagai jembatan dalam prinsip desain, yaitu penghubung antara elemen di setiap desain. Untuk memahaminya secara sederhana tempatkan objek terang di atas gelap atau objek gelap di atas terang untuk menciptakan sebuah harmoni.

2. Hierarki Visual

Prinsip tata letak (layout) elemen desain yang tujuannya menampilkan hal penting lebih dulu, kemudian yang lebih tidak penting. Artinya, desain tersebut harus mampu menampilkan poin utama dan dipahami oleh siapa pun yang melihat.

3. Rule of Proximity

Kedekatan antar satu objek dengan objek lainnya. Hal ini penting diperhatikan karena cara pandang manusia secara tidak sadar melihat suatu objek berdasarkan kedekatan itu.

D. Aplikasi Untuk Membuat Desain

Saat ini aplikasi untuk membuat desain sangat variatif, diantaranya:
1. Adobe Photoshop
2. Adobe Illustrator
3. Corel Draw
4. GIMP
5. Inkscape
6. Canva








Comments

Popular Posts