Gaya di Sekitar Kita

Mobil mainan yang tadinya diam, kemudian talinya ditarik oleh seorang anak, maka mobil itu bergerak dan berpindah tempat. Gerobak bakso, berpindah tempat setelah didorong oleh tukang bakso. Kegiatan yang dilakukan oleh anak tersebut dan tukang bakso adalah menarik dan mendorong benda. Sesuatu yang menyebabkan benda bergerak disebut gaya.


A. Pengaruh Gaya Terhadap Benda

Gaya Dapat mengubah Bentuk dan Ukuran benda

Ambillah sebuah lilin mainan atau plastisin. Kemudian, buatlah bola dari plastisin tersebut. Lalu, tekanlah oleh jarimu bola plastisin tersebut. Apakah bola plastisin berubah bentuknya? Bola plastisin akan berubah bentuk tidak bulat lagi.
Kegiatan yang sama dapat kamu lakukan dengan menekan kaleng bekas air minum mineral. Kaleng menjadi penyok. Jadi, dari kegiatan-kegiatan tersebut diperoleh bahwa gaya dapat mengubah bentuk suatu benda.

Gaya Dapat mengubah Arah Gerakan Benda

Apakah kamu pernah menonton pertandingan sepak bola? Dalam pertandingan sepak bola, seorang pemain menendang bola ke pemain lainnya dengan arah tendangan yang berbeda-beda. Ada yang arahnya ke depan, ke belakang, dan ke samping. Tendangan yang dilakukan pemain itu menyebabkan arah bola berubah.

Gaya Dapat Mengubah Kecepatan Benda

Dengan memberikan suatu gaya pada benda, kita juga bisa mengubah kecepatan gerak benda itu, lho. Ketika ayahmu mengendarai mobil, injakan kaki pada pedal gas akan memberikan gaya kepada gerakan roda di bawah. Semakin dalam injakan pedal gas tersebut, tentu akan meningkatkan kecepatan si mobil, kan. Artinya, gaya dapat mengubah kecepatan suatu benda.

B. Gaya Magnet

Pernahkah kamu bermain dengan magnet? Dekatkanlah sebuah magnet dengan paku payung. Apa yang terjadi? Paku payung akan menempel pada magnet. Magnet memiliki sifat dapat menarik benda-benda yang terbuat dari besi. Magnet dapat menarik benda yang terbuat dari besi.
Gaya magnet banyak digunakan untuk membantu pekerjaan manusia. Ada alat yang menggunakan gaya magnet yang besar untuk mengangkut sampah besibesi tua untuk dikumpulkan di suatu tempat. Alat ini terbuat dari magnet listrik. Sifat kemagnetan dari alat
ini hanya sementara. Jika tidak ada arus listrik, sifat kemagnetannya hilang sehingga besi-besi tua yang menempel akan jatuh.

C. Gaya Pegas

Gaya yang mengembalikan bentuk karet gelang tersebut gaya pegas. Pernahkah kamu melihat per? Jika per kamu tekan, akan merapat. Setelah tekanannya dihilangkan, per akan merenggang dan akhirnya kembali ke bentuk semula.

D. Gaya Gravitasi

Coba kamu lemparkan sebuah bola ke atas. Lama-kelamaan bola itu akan jatuh ke tanah. Daun-daun yang kering pun akan berjatuhan ke tanah. Gaya apakah yang memengaruhi gerak bola dan daun-daun itu jatuh ke tanah? Gaya gravitasi bumi atau gaya tarik bumi yang menyebabkan bola dan daun jatuh ke tanah. Buah durian dan kelapa yang sudah matang akan jatuh ke tanah.

Comments

Popular Posts