Tumbuhan Sebagai Sumber Kehidupan di Bumi

A. Bagian Tubuh Tumbuhan
1. Akar
Akar merupakan bagian tumbuhan yang biasanya berada di dalam tanah. fungsi utama akar adalah untuk menyerap air dan mineral dari dalam tanah, dan menunjang berdirinya tumbuhan.
Berdasarkan bentuknya akar dikelompokkan menjadi 2, yaitu:
a. Akar tunggang
b. Akar serabut


Pada beberapa tumbuhan, akar juga berfungsi sebagai tempat menyimpan cadangan makanan, misalnya pada wortel dan singkong.

2. Batang
Batang berfungsi sebagai penyokong tubuh tumbuhan, sebagai tempat tembuhnya daun, bunga, dan buah, dan menyebarkan makanan dari daun ke semua bagian tumbuhan.

3. Daun
Daun adalah bagian dari tumbuhan yang berfungsi memasak makanan atau sering disebut fotosintesis.selain itu, daun juga berguna sebagai tempat air dan sebagai alat pernapasan pada tumbuhan. Bentuk daun sangat dipengaruhi oleh bentuk tulang daun, berikut adalah beberapa bentuk tulang daun:

4. Bunga
Bunga adalah alat perkembangbiakan bagi tumbuhan. Bunga memiliki putik dan benang sari.

4. Buah
Buah merupakan bagian tumbuhan yang merupakan perkembangan dari bunga. Daging buah merupakan tempat menyimpan cadangan makanan.

6. Biji
Biji pada tumbuhan memiliki fungsi antara lain sebagai alat berkembang biak, sebagai pembentuk tumbuhan baru, dan sebagai tempat cadangan makanan.

B. Fotosintesis
Proses fotosintesis berlangsung di bagian daun. Namun, tidak semua bagian daun bisa melakukannya. Hanya bagian daun yang memiliki klorofil yang bisa melakukan proses fotosintesis. Klorofil adalah zat hijau daun, yang berperan dalam proses fotosintesis. Klorofil berperan mengikat sinar matahari selama fotosintesis berlangsung. Hal ini karena sinar matahari bisa mengubah air dan gas karbondioksida. Sinar matahari mengubah air dan karbondioksida (CO2) menjadi karbohidrat (cadangan makanan) dan gas oksigen (O2). Setelah proses fotosintesis selesai, karbohidrat segera diedarkan ke seluruh bagian tubuh tumbuhan hijau. Karbohidrat membantu proses pertumbuhan, perkembangan, hingga perkembangbiakan pada tumbuhan. 

Comments

Popular Posts