Dart: Pengenalan

Dart adalah bahasa pemrograman open-source yang awalnya dikembangkan oleh Google. Dart memiliki banyak kemiripan dengan bahasa lain yang sudah banyak dikenal seperti Java, C, dan Javascript. Dart banyak digunakan untuk mengembangkan aplikasi mobile (Android dan iOS), aplikasi web modern, aplikasi desktop (Windows, macOS, Linux), dan Internet of Things (IoT) menggunakan framework Flutter. 

Sejarah Bahasa Dart

Dart termasuk bahasa pemrograman yang relatif baru. Dart diresmikan pada konferensi GOTO di Aarhus , Denmark, 10-12 Oktober 2011 oleh Lars Bak dan Kasper Lund. Dalam pengembangan Dart awalnya direncanakan untuk memasukkan Dart VM di Chrome. Namun Rencana tersebut dibatalkan dan dart fokus untuk  pada kompilasi Dart ke JavaScript.
Dart versi 2.6 memperkenalkan ekstensi baru, yaitu dart2native, yang memperluas compile ke platform desktop, yaitu Linux, macOS, dan Windows. Pengembang sebelumnya hanya dapat meng-compile di Android atau iOS. Dan yang terbaru dart juga mendukung sebagai bahasa yang digunakan di backend.

Standardisasi

Ecma International telah membentuk komite teknis bernama TC52 untuk mengerjakan standarisasi Dart. TC52 bertugas untuk membakukan sintaks serta standarisasi core libraries dan teknologi pelengkap yang mendukung bahasa tersebut. Kamu dipersilakan untuk mendaftar jika Anda ingin berkontribusi sebagai non-anggota.

Dart dan Flutter

Dart merupakan bahasa pemrograman resmi untuk Flutter, sebuah framework untuk membuat aplikasi multiplatform dari Google. Flutter telah digunakan oleh berbagai perusahaan besar seperti Google, Alibaba.com, Ebay, Garb dan Tencent karena dapat menghemat waktu dengan membuat satu codebase untuk mengembangkan aplikasi di berbagai platform, daripada harus membuat codebase terpisah untuk masing-masing platform.


Comments

  1. Gambling can be addictive, so please play responsibly 카지노 and moderately. Offer gamers who value mobility and privacy a Telegram messenger on line casino bot developed to meet their precise needs. The server your platform is hosted on ought to have a excessive bandwidth to permit for as many gamers as attainable while making certain a quick loading pace. Every fraction of a second counts for SEO and UX, as gamers will bounce out of your website to a competitor’s if it's not totally and instantly responsive. The financing part will be a chance for you to can} showcase your mastery of spreadsheets.

    ReplyDelete

Post a Comment