7 Langkah Persiapan mengikuti CPNS 2021


Seleksi CPNS 2021 baru saja resmi dibuka pendaftarannya oleh BKN. Pendaftaran dimulai 30 Juni hingga 21 Juli 2021.

Setelah pembukaan CPNS untuk 2021 resmi diumumkan, banyak orang yang antusias dengan kabar ini. Pasalnya, tahun 2020 pembukaan CPNS ditiadakan lantaran terhalang oleh pandemi.

Persiapan yang matang adalah kunci utama dalam mengikuti tes CPNS. Tentunya anda tidak mau menyesal di akhir karena tidak melakukan persiapan yang matang. 

Berikut adalah persiapan yang perlu kita persiapkan untuk mengikuti Seleksi CPNS dan PPPK tahun 2021: 

1. Persiapkan Diri

Tahap awal dari melakukan sesuatu adalah kesiapan diri. Persiapan diri dengan memantapkan akan mengikuti alur Seleksi CPNS dari awal sampai akhir, agar semangat selalu terjaga. 


2. Mengetahui Tahapan Seleksi

Agar persiapan lebih efektif, sebaiknya pahami dan pelajari terlebih dahulu terkait tahapan-tahapan ujian. Kapan mulai pendaftaran, pengumuman administrasi, waktu ujian, pengumuman, hingga kapan CPNS 2021 akan berakhir. Dengan mengetahui jadwal anda akan lebih mantap menjalankannya, dan dapat menyesuaikan dengan langkah-langkah persiapan yang akan ditempuh. Anda bisa mengira-ngira waktu yang anda punya untuk belajar.


3. Mengenali Materi dan Tipe Ujian

Langkah selanjutnya adalah mengenali Kompetensi seperti apa yang akan diujikan dalan CPNS 2021, bagaimana sistem seleksinya. 

Dalam CPNS dan PPPK 2021 kali ini kembali menggunakan sistem CAT. Dan tahapan seleksi dibagi menjadi 2 tahap SKD dan SKB. Dalam SKD ada 3 kompetensi yang akan diujikan, Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensia Umum (TIU), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP). 

 
4. Melengkapi Dokumen

Syarat penting dalam pendaftaran CPNS adalah kelengkapan dokumen. Tentu menjadi salah satu hambatan serta bukan hal mustahil Kamu didiskualifikasi. Pasalnya, kelengkapan dokumen adalah hal yang wajib dipenuhi dalam seleksi awal administrasi.

Oleh sebab itu, cek dan lengkapi terlebih dahulu dokumen-dokumen penting yang disyaratkan. Kemudian pastikan bahwa dokumen sudah memenuhi persyaratan-persyaratan untuk mengikuti rekrutmen.

Jika memang belum lengkap, segera cari atau buat dokumen baru karena tidak semua dokumen bisa selesai dalam waktu singkat.


5. Belajar dan Latihan Soal Tes CPNS

Ketika seleksi administrasi, tentu bukan sekedar mempersiapkan dokumen saja, melainkan mempersiapkan diri untuk mengikuti tes atau ujian. Hal ini jelas sangat efektif dan membuat pengetahuan Kamu lebih luas.

Selain itu, dengan latiah soal tes cpns juga bisa membuat anda lebih lancar dalam menjawab soal-soal lainnya ketika ujian berlangsung. 

Anda dapat menggunakan Aplikasi Siap CPNS 2021 untuk belajar dan berlatih. Aplikasi ini memiliki fitur yang lengkap dan sesuai untuk berlatih soal-soal CPNS. 


6. Jaga Kesehatan

Tak sedikit orang yang menyepelekan hal ini. Padahal, semua yang telah Kamu siapkan selama ini akan terasa sia-sia jika kesehatan tidak dijaga, apalagi CPNS 2021 berlangsung ditengah pamdemi covid 19. 

Untuk mulai hidup sehat, tentu tidak ada kata terlambat. Mulailah dari sekarang pola hidup sehat supaya pada seleksi CPNS nanti lebih lancar.


7. Berdoa dan Optimis

Dengan persiapan yang matang, tentu Kamu hanya tinggal menunggu dan mengikuti proses-proses ujian lainnya. Beprikirlah dengan jernih dan opmitis bahwa apa yang diidam-idamkan selama ini bisa terwujud, termasuk lulus CPNS.

Selain itu, dari sisi spiritual pun tidak boleh dilupakan. Berdoalah untuk diberikan jalan terbaik dalam seleksi ujian CPNS tahun ini.

Comments

Popular Posts