Mengenal Bentuk Dasar Paper Quilling


Hallo semua, apa kabar hari ini? Semoga tetap sehat, tetap waras, dan tetap semangat ya! Kali ini saya masih membahas basic dari Quilling. Kalau sebelumnya saya sudah membahas peralatan tempur dan produk-produk Quilling art, sekarang kita masuk ke tekniknya. 
Teknik yang mau saya bahas pada kesempatan ini adalah bentuk-bentuk dasar dari Quilling Art, simple banget deh pokoknya, dari satu bentuk nantinya akan kita buat jadi beberapa macam bentuk. Oke, sebelum saya ngelantur kemana-mana mari kita mulai dengan bentuk-bentuk dasar quilling!


1. Circle



Basic Quilling yang pertama adalah circle atau bahasa Indonesianya lingkaran, ini adalah dasar dari bentuk-bentuk basic quilling yang akan saya jelas kali ini. Bentuknya seperti obat nyamuk gitu, caranya tinggal kita gulung kertas strip kita rekaykam ujungnya dengan lem,  jadi deh bentuk circle. Ada dua macam bentuk circle yang biasa digunakan, yaitu tight circle atau lingkaran ketat dan circle. Tight circle atau lingkaran ketat, cara membuatnya adalah dengan menggulung kertas strip dengan rapat, kencang lalu rekatkan ujung kertas dengan lem sehingga membentuk lingkaran yang ketat atau kencang. Sedang bentuk circle yang satunya, setelah kita menggulung, kita letakkan di penggaris lingkaran. Letakkan gulungan kertas di dalam lingkaran yang kamu kehendaki, mau sebesar apa bentuk circle yang kamu inginkan. Nanti gulungan kertas akan merenggang menyesuaikan ukuran lingkaran yang kamu mau, lalu baru deh ujungnya kita rekatkan dengan lem. 


2. Tear Drop

Bentuk dasar selanjutnya adalah tear drop atau tetesan air. Bentuk tear drop gampang sekali kita buat, pertama kita harus buat dulu bentuk circle tetapi buka yang kencang ya. Dari bentuk circle kita tinggal cubit satu sisi sampai lancip dan membentuk seperti tetesan air, jadi satu sisi setengah lingkaran, sisi satunya lancip seperti pada gambar dibawah. Mudah kan? Nah itu adalah bentuk Tear Drop. 



3. Eye

Bentuk yang ketiga adalah eye atau mata. Tidak jauh berbeda dari bentuk tear drop caranya, tetap dengan bentuk awal circle ya. Sekarang kita menggunakan dua tangan, lalu kita cubit sisi kanan dan kiri sampai lancip. Kalau di bentuk tear drop sisi lancip hanya satu, untuk mata ada dua sisi lancip  dengan masih ada lingkaran didalamnya sehingga menyerupai mata. 


4. Square

Square atau kotak adalah bentuk dasar yang ketiga. Masih dengan bentuk awal circle, lalu kita pipihkan seperti membuat bentuk eye tapi kita tekan sampai pipih. Lakukan dua kali dengan cara diagonal seperti pada gambar. Setelah kita pipihkan kita bentuk menjadi bentuk square atau kotak.


5. Triangle

Untuk membentuk bentuk dasar selanjutnya yaitu triangle atau segitiga, kita masih menggunakan bentuk circle sebagai permulaan. Kita cubit satu sisi seperti membentuk tear drop, lalu pada bagian setengah lingkaran kita cubit lagi menggunakan dua tangan karena kita akan membentuk dua sudut. Usahasan sisi yang terbentuk nantinya sama panjang ya, sehingga terbentuk segitiga sama sisi.


6. Leaf

Bentuk dasar yang keenam adalah leaf atau daun, masih menggunakan bentuk circle, lalu dibentuknya menjadi eye atau mata. Setelah dari bentuk eye dengan posisi tangan masih memegang masing-masing ujung, kita bentuk seperti huruf S makan akan membentuk bentuk dasar yang menyerupai daun.


Bagaimana mudah kan? Untuk mempermudah mempelajari bentuk-bentuk dasar quilling bisa juga melihat videonya ya. Pada pembahasan selanjutnya saya akan mencontohkan dari bentuk-bentuk dasar ini bisa kita kreasikan menjadi apa saja. Jadi...selamat nguill-nguill teman-teman….💛


Comments

Popular Posts