Paper Quilling : Pengertian dan Sejarah


Paper quilling adalah sebuah bentuk seni yang menggunakan strip dari kertas yang digulung, dibentuk, dan direkatkan untuk menciptakan desain dekoratif. Paper quilling digunakan untuk menghias kartu ucapan, gambar, frame, gantungan kunci, dll. Barang-barang ini semua dapat dipakai sebagai hadiah atau bahakan dijual. Paper quilling dimulai dengan menggulung strip kertas menjadi sebuah kumparan dengan menggunakan alat dan kemudian mencubit menjadi bentuk yang dapat direkatkan. Bahkan ada teknik-teknik keren dan berbagai ukuran kertas yang berbeda yang digunakan untuk membuat miniatur 3D.



Pada zaman Renaisans, biarawan/i Perancis dan Italia menggunakan paper quilling untuk menghias sampul buku dan barang-barang religius. Kertas yang paling umum digunakan pada masa itu adalah strip kertas dipotong dari tepi buku yang disepuh emas. Strip kertas berlapis emas ini kemudian digulung untuk membuat suatu bentuk.
Pada abad ke-18, quilling populer di Eropa pada saat wanita dari tingkat sosial tinggi berlatih seni untuk mengisi waktu luang. Kegiatan itu adalah salah satu dari beberapa kegiatan yang wanita bisa lakukan dan dianggap tidak terlalu melelahkan untuk pikiran mereka. Paper quilling juga menyebar ke Amerika dan ada beberapa contoh dari zaman kolonial.



Pada saat ini Paper quilling menjadi populer karena banyak quillers (orang yang meggeluti seni quilling) di setiap benua dan di seluruh lapisan sosial. Paper quilling menjadi sebuah bentuk seni rakyat tidak lagi terbatas pada "kelas atas", Di Indonesia, seni ini juga mulai populer dan meluas. Awalnya memang tidak begitu populer karena terbatasnya kertas siap pakai dalam beberapa ukuran dengan warna yang terbatas sehingga hanya bergantung pada kertas impor. Namun, sekarang sudah tersedia kertas lokal dalam berbagai ukuran & warna yang sangat menarik. Tidak bisa dipungkiri juga, perkembangan teknologi informasi juga menjadi faktor meluasnya seni ini. Di beberapa situs populer seperti youtube sudah banyak tutorial Paper quilling.

Comments

Popular Posts